Visitor

Kamis, 30 Maret 2017

KONSELING ANC DIV BIDAN PENDIDIK



1.      DESI RATNA                                               : Narator
2.      DEWI OKVIANI                                          : Bidan
3.      ANDI FEBRI                                                : Asisten Bidan
4.      ANITA DESI PATI                                        : Dukun
5.      SYAHRINI BARAMUDA                            : Pasien
6.      ANDI TENRI PADANG                                : Suami pasien
7.      AWALIA       RAMADHAN                          : Anak magang
8.      DWI NURMAYASARI    PATRA                : Anak Magang




DIALOG

Disebuah rumah di Salah satu desa di kota Bone, terdapat keluarga kecil bapak Tenri mempunyai istri yang bernama Rini yang sedang hamil. Mereka berbincang-bincang mengenai keluhan yang dialami ibu Rini.

Ibu Rini: pak besok kita pergi ke dukun periksa perutku,

Suami : iya, besok kita pergi dirumahnya dukun

Keesokan harinya sepasang suami pergi ke rumah dukun

Ibu rini: assalamualaikum,,

Dukun: waalaikumsalam, (dukun membuka pintu rumah)
            Silakan masuk, ada yang bisa saya bantu?

Ibu rini: iya, saya sering pusing dan mual bu, bagaimana keadaan perutku bu,,??

Dukun: coba saya periksa dulu, (dukun memeriksa perut ini, setelah memeriksa dukun  memberikan air digelas didoa-doakan)

Ibu rini: bu, bagaimana ??

Dukun: baik ji keadaan anakmu didalam, soal pusing dan mual sdah biasa dialami ibu hamil muda. 

Ibu rini: oh iya bu, makasih sebelumnya

Dukun: iya, sama-sama

Ibu rini: bu, pulang dulu ya!!

Dukun: iya nak . Jangan lupa kesini lagi.





Beberapa hari setelah ibu Rini memeriksakan kehamilannya, ada 2 orang anak magang Pada saat pagi hari.

Dwi: Ibu hamil ki?

Ibu Rini: Iya nih dek.

Awaliah: Sudah berapa bulan bu?

Ibu Rini: 7 Bulan dek.

Awalia: Dimana biasa kita periksakan kehamilanta’?

Ibu Rini: di Bidan dekat rumah aja dek.

Dwi: kenapa tidak pernahki periksa di Bidan bu?

Ibu Rini :  takut dek karena takutka di suntik.

Awaliah: Tidak disuntikki bu Cuma diperiksa saja bagimana keadaan anakta’ didalam perutta’. Justru  jika keadaan anakta tidak baik malah berbahaya, bu.

Ibu Rini: Begitu ya? Saya benar-benar takut kalo ke sarana kesehatan dek. Lagian orang tua pergi saja ke dukun.

Dwi: Mulai besok ibu periksakan kehamiln ibu ya di Klinik bersalin di tempat kami magang. Kalau bisa besok.

Ny Rini: Insha Allah dek. Terima kasih ya dek atas infonya.

Awaliah: iya sama-sama ibu. Kami tunggu besok



Keesokan harinya setelah ibu bebincang-bincang dengan suaminya dan memberikan penjelasan kepada suaminya bahwa periksa kehamilan sebaiknya di Bidan. Suami istri tersebut pun pergi ke Klinik bersalin untuk memeriksakan kehamilannya.

Ibu Rini: Asalamualaikum, wr., wb.

Dwi: Waalaikumsalam..silahkan masuk ibu..Alhamdulillah ibu beneran datang.

Ny. Rini: Iya dek. Setelah berbincang-bincang dengan suami kami jadi untuk periksa disini.

Dwi: Iya bu, tunggu sebantar ya.

Ny. Rini: Iya dek.

Beberapa menit kemudian ibu Rini dipanggil untuk gilirannya diperiksa.

Dwi: Ibu rini silahkan masuk!

Ny. Rini: Iya dek.

Bidan: Silahkan duduk ibu.

Ny. Rini: terima kasih bu bidan.

Bidan: Perkenalkan, nama saya bidan Okta. Setiap harinya saya tugas di klinik ini. Kalau tidak salah ini kunjungan ibu dan bapak yang pertama ya?

Ny.  Rini: Iya bu Bidan baru pertama kali.

Bidan Rini                   : wah senang sekali bisa bertemu dengan ibu dan bapak. Kita perlu saling kenal kan Pak,Bu ? Nah, apa ada yang bisa saya bantu ?

Ny. Rini : Begini bidan, kebetulan ini kehamilan pertama jadi kami ingin tau banyak hal mengenai apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu hamil.

Tn. Tenri                      : iya bidan. Ini kan kali pertama istri saya hamil ( tersenyum ) , jadi saya juga harus tau apa saja yang mesti saya lalukan selama kehamilan istri saya.

Bidan Okta                 : oh begitu ya Pak ( menganggukkan kepala). Jadi ibu dan suami ingin tau apa saja yang perlu diperhatikan saat kehamilan ya? Waaaaah. Ibu dan bapak sudah melakukan hal yang tepat untuk mengkonsultasikan hal seperti ini. Tapi sebelumnya saya perlu mendapatkan data informasi dari bapak dan ibu dulu. Boleh kan Pak, Bu ?

Tn. Tenri                      : apa memang harus begitu bidan ?

Bidan Okta                 : iya pak. Saya harus punya data pribadi ibu dan bapak. Dan dengan data ini nanti juga akan membantu saya dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh bapak dan ibu. Dan jangan khawatir karena kerahasiaan ibu dan bapak terjamin.

Tn. Tenri          : Maksud ibu dengan kerahasiaan terjamin apa ya?

Bidan Okta                 : maksudnya, semua data pribadi bapak dan ibu serta semua pembicaraan kita ini tidak akan saya ceritakan ke orang lain.

Ny.Rini           : Alhamdulillah saya lega dengarnya bu bidan

Bidan Okta                 : jadi ibu dan bapak tidak perlu takut ya untuk menjawab pertanyaan dan bercerita mengenai apa yang dirasakan.

Ny. Rini dan suami   : iya tentu bidan

Bidan Okta    : Ok, Baik kalau begitu. Ibu nama lengkapnya siapa ?

Ny. Rini                      : Nama saya syahrini bara, bidan

Bidan Okta    : (menulis nama ibu sambil menyebutkan dengan suara datar).Kalau Bapak nama lengkapnya siapa ?

Tn. Tenri                    : saya Arthur Marthyansyah, Bu.

Bidan Okta    : Boleh saya tau pekerjaan Ibu dan Bapak ?

Tn. Tenri                    : saya seorang nelayan, bidan.

Bidan Okta                : ok baiklah. Kalau ibu ?

Ny. Rini                      : saya ibu rumah tangga, bidan. dagang kecil-kecilan.

Bidan Okta                : selanjutnya, mengenai agama. Boleh saya tau agama bapak Tenri dan Ibu Rini  ini ?
Ny. Rini                      : kami alhamdulillah Muslim, bidan.

Bidan Okta                : Alhamdulillah. Oh ya. Ibu sekarang usianya berapa?

Ny. Rini                      : saya 25 tahun bidan.

Bidan Okta                : kalau bapak Tenri ?

Tn.Tenri                     : saya sekarang sudah 26 tahun, bidan.

Bidan Okta                : Nah. Kalau alamat tempat tinggalnya di mana ni Pak, Bu ?

Tn. Tenri                    : kami tinggal di Desa Tajuncu, bidan.

Bidan Okta                  : wah, lumayan jauh ya dari sini Pak?

Tn. Tenri                     : iya bidan. Kami memang sengaja ke sini karena menurut teman adek yang magang disini harus periksa kemilan di Bidan.

Bidan Okta                : alhamdulillah kalau begitu. Bapak dan Ibu juga sudah jauh-jauh datang ke sini.

Ny.Rini                       : iya Bidan. Kami malah senang bisa bertemu langsung dengan ibu. Iya kan yang ( menoleh ke suaminya)

Bidan Okta                : Alhamdulillah kalau begitu. Saya juga senang bisa bertemu Bapak Tenri dan Ibu Dina. Nah ibu, saya mau tanya nih mengenai menstruasi ibu. Ibu pertama kali mengalami haid itu pada usia berapa tahun ?

Ny.Dina                                  : kalau tidak salah 12 tahun bidan.

Bidan Sonia               : baik. Kalau siklus haidnya Bu ? berapa lama ? Maksudnya jarak (waktu) antara haid pertama dengan haid berikutnya.

Ny. Dina                     : tidak menentu bidan. Kadang 30 hari. Kadang 28 hari.

Bidan Sonia               : oh begitu ya Bu. Biasanya berapa hari dalam sebulan haid ibu itu ?

Ny. Rini                      : biasanya sih 6 sampai 7 hari bidan.

Bidan Okta                : Apa ibu pernah punya masalah atau gangguan menstruasi ?

Ny.Rini                       : yang saya rasakan selama haid Cuma nyeri datang bulan saja bidan.

Bidan Okta                    : ok. Baiklah .Ibu ini usia kehamilannya sudah berapa minggu ?

Ny.Rini                       : ini sudah 7 bulan bu bidan.

Bidan Okta                : hari pertama haid terakhir ibu tanggal berapa? Maksudnya hari pertama saat ibu mengalami haid terakhir sebelum akhirnya ibu tidak mentruasi sampai saat ini.

Ny. Rini                      : oh. Kalau itu tanggal 28 Januari 2016, bidan.

Bidan Okta                : maaf bu. Dalam sehari ibu ganti pembalut berapa kali?

Ny. Rini                      : 3 kali sehari bidan.

Bidan Okta                : Ok. Baik sekali . terus apa ibu punya riwayat penyakit menular , atau penyakit sistemik, maaf ya bu ,seperti penyakit jantung, diabetes, anemia, hipertensi?

Ny. Rini                      : alhamdulillah tidak ada bidan.

Bidan Okta                : alhamdulillah kalau begitu. Selama kehamilan ibu apa ada keluhan ?

Ny. Rini                      : Sebenarnya saya sering buang air bidan, apakah itu normal?
Bidan:                         :  iya ibu itu normal. Biasanya kehamilan 7 bulan itu memang sering berkemih ibu.
Ny.  Rini                     :  Iya ibu bidan.

Bidan                          : Kalau begitu ibu diperiksa dulu keadaan umumnya oleh asisten saya setelah itu naik ke tempat tidur untuk diperiksakan keadaan bayita.

Ny. Rini                      : Baik bu bidan

Selanjutnya Asisten bidan memeriksakan keadaan ibu dan keadaan janinnya.

Asisten: Perkenalkan ibu saya asisten disini, nama saya Bidan Risky. Saya akan memeriksakan keadaan ibu dan janinta dih.

Ibu Rini                       : Iya bidan.

Setelah Asisten dan bidan melakukan pemeriksaan kehamilan, bidan melakukan konseling dan memberitahukan hasil pemeriksaan ibu Rini.

Tiba-tiba slah satu dukun yang pernah melakukan pemeriksaan kepada ibu Rini datang ke klinik bersalin tersebut.

Dukun:

           







Tidak ada komentar:

Posting Komentar