Visitor

Selasa, 04 April 2017

SAP GIZI SEIMBANG BAGI IBU HAMIL RSUD SAYANG RAKYAT KEBIDANAN TERBARU

SATUAN ACARA PENYULUHAN
(SAP)

GIZI SEIMBANG BAGI IBU HAMIL

Topik                           : Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil
Hari/tanggal                : Rabu, 30 Agustus 2015
Waktu                         : 30 menit
Tempat                        : RSUD Sayang Rakyat Makassar
Sasaran                        : Ibu – Ibu Hamil

I.      TujuanUmum
Setelah dilakukan penyuluhan ini, diharapkan Ibu hamil dapat mengerti tentang memahami tentang pentingnya menu seimbang bagi ibu hamil.
II.    TujuanKhusus
Setelah mengikuti penyuluhan diharapkan :
1.      Ibu hamil dapat menguraikan pentingnya gizi seimbang bagi ibu hamil.
2.      Ibu hami ldapat menguraikan jenis-jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.
3.      Ibu hamil dapat mengerti tentang gangguan yang terjadi selama hamil yang     berhubungan dengan gizi dan cara mengatasinya.
III. MetodedanTeknikPenyuluhan
1.       Ceramahdan Tanya jawab
2.       Denganalatbantu media powerpoint, danleaftlet



MATERI
Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil

1.       Mengapa gizi seimbang penting bagi ibu hamil?
Gizi seimbang ibu hamil adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan ibu selama kehamilan dalam susunan yang seimbang dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil.
Gizi seimbang sangat penting terutama pada ibu yang sedang hamil untuk  keperluan dirinya sendiri dan juga janinnya. Keadaan gizi juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin, pertumbuhan dan perkembangan janin, serta persiapan laktasi ibu. Sehingga kebutuhan makanan ibumeningkat. Makanan tersebut digunakan untuk pembentukan janin, persiapan pembentukan ASI, tumbuhkembang bayi selanjutnya dan untuk kesehatan ibu. Pada tigabulan kehamilan,  kebutuhan makan naikperlahan-lahan tetapi pada bulan-bulan selanjutnya pertumbuhan janin yang dikandung tumbuh dengan pesat sehingga makanan  yang dibutuhkan juga meningkat.
Akibat bila ibu kekurangan gizi:
 Pengaruh bagi ibu hamil:
a.    Ibu lemah dan kurang nafsumakan
b.    Perdarahan dalam masakehamilan
c.    Kemungkinan terjadi infeksi tinggi
d.    Anemia/kurang darah
 Pengaruh waktu persalinan:
a.    Persalinan sulit dan lama
b.    Persalinan sebelum waktunya (prematur)
c.    Perdarahan setelah persalinan
 Pengaruh pada janin:
a.    Keguguran
b.    Bayi lahir mati/ meninggal
c.    Cacatbawaan
d.    Anemia pada bayi
e.    Berat badan lahir rendah

2.       Jenis makanan yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil?
Jenis makanan yang mengandung :
1.       Zat energi
Zat gizi  yang termasuk energy adalah karbohidrat, lemak dan protein. Zat-zat gizi tersebut merupakan penghasil energi yang dapat dimanfaatkan untuk gerak dan aktifitas fisik serta aktifitas metabolisme di dalam tubuh. Namun penyumbang energi terbesar dari ketiga unsure zat gizi tersebut adalah lemak.
Sebagai sumber tenaga bagi ibu hamil. Makanan yang mengandung zat tenaga antara lain:  Nasi, jagung, talas, singkong, ubi, gandum, mie, kentang, roti dan sagu.
2.       Zat pembangun
          Zat gizi yang termasuk dalam kelompok ini adalah protein, air, dan mineral. Zat gizi ini memiliki fungsi sebagai pembentuk sel-sel pada jaringan tubuh janin. Jika kekurangan mengkonsumsi zat gizi ini maka pertumbuhan dan perkembangan janin akan terhambat. Selain itu atau gizi ini juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh ibu dan janin.
Makanan yang mengandung zat pembangunan antara lain:  tempe, tahu, ikan asin,   udang, telur, ayam, daging, hati, kacang hijau dll.
3.       Zat pengatur
Zat gizi yang termasuk dalam kelompok ini adalah protein, mineral, air dan vitamin.Zat iniberfungsi untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh Namun yang memiliki fungsi utama sebagai zat pengatur adalah mineral dan vitamin.
Makanan yang mengandung zat pengaturantara lain:  kangkung, daun singkong, bayam, sawi hijau, kacang panjang, jeruk, pepaya, nanas, nangka, mangga dll.

Kebutuhan gizi selama kehamilan :
1.       Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energy, pemberi rasa manis, penghemat protein, pengatur metabolisme, dan membantu pengeluaran feses.
Makanan  yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah nasi, jagung, singkong, ubi, roti, dans ayur-sayuran, gandum, dan hasilnya seperti soun, bihun, mie, makroni, tepungterigu, dll.Janganmakanmakanan yang mengandung karbohidrat terlalubanyak karena kelebihannya akan diolah menjadil emak, sehingga mengakibatkan berat badan yang berlebih dari yang diinginkan.
2.       Protein
Protein berfungsi sebagai pertumbuhan dan pemeliharaan, pembentukan esensial dalam tubuh, pengatur keseimbangan cairan, memelihara netralitas tubuh, pembentukan antibody, pengangkut zat-zat makanan, dan sebagai sumber energy. Pada ibu hamil jika kekurangan protein akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.
Makanan yang mengandung protein di antaranyaa dalah daging, telur,ikan, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan keju
3.       Lemak
Lemak berfungsi sebagai sumber energy, alat pengangkut vitamin larut lemak, penghemat protein, pemberi rasa kenyang dan kelezatan, sebagai pelumas, pemeliharaan suhu tubuh, dan pelindung organ tubuh.
Makanan yang mengandung lemak diantaranya adalah minyak, margarine, kelapa, dan santan.
4.       Vitamin
Vitamin berperan dalam beberapa tahap reaksi metbolisme energy, pertumbuhan dan pemeliharaan bagi tubuh. Jumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sangat  sedikit, akan tetapi kekurangannya dapat mengakibatkan gangguan – gangguan yang luar biasa pada tubuh. Vitamin dapat dibagi atas 2 golongan yaitu vitamin larut air dan vitamin larut lemak. Vitamin larut air adalah vitamin – vitamin B kompleks dan vitamin C. sedangkan vitamin larut lemak adalah vitamin – vitamin A, D, E, dan K. Vitamin larut air tidak dapat disimpan dalam tubuh sehingga kelebihan akan terbuang melalui air seni sedangkan vitamin larut lemak dapat disimpan di dalam hati bila ada kelebihannya.
Makanan yang mengandung vitamin diantaranya adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dankacang-kacangan.
5.       Mineral
Mineral dibutuhkan untuk pembentukkan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi system pembuluh darah jantung dan lain-lain. Mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Ada 15 macam mineral yang diperlukan tubuh seperti kalsium, ferrum, yodium, mangan, chlorine, fosfor, belerang, seng, kalium, sodium, dsb.
Makanan yang mengandung mineral diantaranya adalah  susu, hati, kuning telur, sayur-sayuran yang berwarna hijau,  daging, dan ikan.
6.      Cairan
            Air merupakan
bagian tubuh yang terbesar. Hampir ¾ dari berat tubuh adalah air. Tubuh menggunakan air untuk beberapa fungsi.Air adalah pelarut semua hasil pencernaan, pembawa zat – zat kotoran dari sel – sel keginjal. Air juga menolong mengatur suhu tubuh. Seseorang memerlukan sekitar 6 – 8 gelas air dalam sehari.
Sumber air bagi tubuh ada 3 macam yaitu:
1.      Melalui cairan yang diminum seperti air bersih, susu, sari – sari buah dan lain   sebagainya.
2.      Melalui makanan seperti sayur mentah, buah – buahan yang kaya air,  sop dan makanan lainnya yang mengandung banyak air.
3.      Melalui metabolism dalam tubuh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar